Berikut Angka 1 – 10 untuk Pemula

Berikut Angka 1 – 10 untuk Pemula

colectivolalatina.org – Kemampuan membaca menjadi hal dasar yang perlu banyak orang kuasai. Termasuk dalam membaca angka romawi yang kerap digunakan dalam kepenulisan. Sejak di bangku Sekolah Dasar, telah dikenalkan oleh guru dalam mata pelajaran matematika. 

Namun jika Anda saat ini sudah dewasa, dan memiliki kemampuan yang terbatas dengan ingatan, maka artikel ini akan menjelaskan angka romawi 1 – 10 dengan cara membacanya. Simak penjelasannya!

Mulai dengan Membaca 

1. Ketahui dasar angka pada romawi. Dalam membacanya, Anda perlu mengetahui dasar angka-angka yang ada. Hanya terdapat tujuh angka yang perlu Anda ketahui. Diantaranya adalah :

  1. I : 1
  2. V : 5
  3. X : 10 
  4. L : 50 
  5. C : 100
  6. D : 500
  7. M : 1000

Angka tersebut harus Anda kuasai agar memudahkan Anda saat pembacaan nanti. Karena bentuk angka pada romawi tidak jauh dari angka-angka tersebut. 

2. Untuk memudahkan Anda dalam menghafal, gunakan jembatan keledai dalam hapalan. Frasa disusun sesuai dengan huruf awal pada ketujuh angka. Dapat membantu Anda dalam mengingat urutan. Contoh frasa yang dapat Anda gunakan adalah sebagai berikut :

I Value Xylophones Like Cows Do Milk. Ulangi kalimat itu sampai Anda hapal. 

3. Jumlahkan angka jika didapati ada angka yang lebih besar di awal. Untuk melakukan cara ini, Anda perlu menjumlahkan nilai setiap angka. Jika bilangan disusun dari angka paling besar kemudian diikuti angka terkecil, ya tinggal jumlahkan saja. Seperti contoh berikut :

 

XI = 10 + 1 = 11

4. Kurangi angka pada bilangan yang memiliki angka kecil di depan. Orang menggunakan efektivitas dalam menuliskan angka di romawi dengan menggunakan angka bernilai kecil di awal. Sehingga perlu dilakukan pengurangan untuk bilangan seperti ini. misal :

IX = 1 dikurangkan dengan 5 artinya 5 – 1 = 4 

5. Pisah bilangan untuk memudahkan. Pastikan Anda telah memahami mengenai pengurangan pada angka yang lebih kecil nilainya berada di depan angka besar. Kemudian gabungkan kedua angka dalam satu kelompok penjumlahan. Contoh DDXCIV 

 

Ada dua bagian yang terdapat angka lebih kecil : XC dan IV 

Jumlahkan semua angka-angka menjadi satu kelompok : D + D + XC + IV 

Nilai angka tersebut : 500 + 500 + 90 + 4 

Jumlah seluruh DDXCIV = 1094 

Contoh untuk angka 1 – 10 dalam romawi 

1 = I 

2 = II

3 = III

4 = IV atau IIII

5 = V 

6 = VI 

7 = VII

8 = VIII

9 = IX 

10 = X 

Baca Juga : Perusahaan Telah Selesai Memproses Lamaran

Angka di romawi dari 1 – 10 agar mudah Anda gunakan.