Cara Membuat Bunga Dari Kain Flanel, Bunga Mawar Mudah

Cara Membuat Bunga Dari Kain Flanel, Bunga Mawar Mudah

colectivolalatina.org – Keterampilan manusia dalam membuat hiasan semakin berkembang baik, membuat hiasan yang menyerupai bentuk aslinya mahluk hidup salah satunya. Anda mungkin salah satu orang yang senang ketika mendapat kiriman bunga namun bunga tersebut akan layu seiring waktu. Saat ini terdapat bunga yang serupa namun tidak akan layu meski telah lama disimpan. 

Bunga yang terbuat dengan menggunakan kain. Anda bisa membelinya atau dengan sendiri mencoba untuk membuatnya. Untuk mengetahui cara membuat bunga dari kain flanel, maka Anda harus membaca artikel kali ini dengan selesai. Agar Anda mahir membuatnya baik untuk satu buket atau beberapa tangkai bunga. 

Membuat Bunga Mawar 

Untuk keseluruhan pembuatan ini Anda memerlukan alat dan bahan sebagai berikut: 

  1. Kain Felt (flanel) 
  2. Gunting 
  3. Alat tulis 
  4. Lem tembak 
  5. Alat jahit (jarum, kain) 

 

Langkah-langkah:

1. Pilih kain yang digunakan. Sesuaikan warna kain dengan keinginan Anda, umumnya mawar berwarna merah. Bisa ditambahkan kain berwarna hijau sebagai tambahan untuk daun. Potong sebuah lingkaran besar dengan gunting pada kain. 

 

2. Buat pola dan potong kain. membuat lingkaran maka Anda buat dahulu pola di kain dengan menggambarnya menggunakan pensil atau menjiplak objek bulat. Buat dengan diameter lingkaran sekitar 10,2 – 25,4 cm. Namun ukuran bisa disesuaikan dengan besar kecilnya mawar yang ingin dibuat. 

 

3. Bentuk menjadi  spiral. Agar kain jadi spiral dari lingkaran gunakan gunting. Mulai dengan menggunting dari pinggir hingga pusat lingkaran. Saat menggunting, buatlah pola berombak di pinggiran lingkaran. 

 

4. Gulung spiral yang telah berhasil dibuat. Gulung dari bagian pinggir luar spiral dan mulai menggulung ke dalam. Buat dasar bunga dengan mencubit dasar spiral. Terus gulung sampai Anda menghasilkan mawar yang cantik. 

 

5. Rekatkan bunga dengan menjahit atau menggunakan lem. Balikkan bunga  untuk merekatkan bagiannya agar tidak terbuka dengan menggunakan jarum dan benang untuk menjahit atau Anda gunakan lem. 

 

6. Buat tangkai bunga. Untuk tangkai, Anda bisa gunakan lidi yang dilapisi  oleh kain kemudian tambahkan daun berwarna hijau sebagai pelengkap di sampingnya. Satukan dengan bunga dengan lem. 

 

Membuat Bunga Peony 

  1. Untuk membuat peony Anda memerlukan kain yang tipis dan panjang. Warna dapat Anda sesuaikan. 
  2. Potong dengan ukuran lebar 3,75 cm dan untuk panjang tergantung keinginan karena semakin panjang maka bunga yang dihasilkan semakin besar. 
  3. Buat potongan ilusi kelopak. Anda harus membuat lingkaran pada kain. Lipat dua kain kemudian rekatkan keduanya dengan lem sepanjang potongan. Tunggu hingga kering dengan menahan pinggirannya sampai terbentuk lipatan persegi panjang yang sempit. 
  4. Buat kelopak. Potong kelopak kecil di potongan felt yang telah direkatkan. Potong takik dari atas dengan memberi jarak 0,5 cm. Variasikan bentuk kelopak dengan memotong kain lurus ke bawah. 
  5. Gulung bunga dari satu ujung dengan mulai menggulung potongan ke dalam pinggiran yang telah dilem. Pada proses menggulung buat bunga menyatu dengan merekatkan oleh lem. 
  6. Agar bunga tidak mudah lepas Anda bisa menjahit dari area yang diberi lem. Bisa tambahkan daun. 

Baca Juga : Sebutkan Empat Gerakan Menggiring Bola dengan Punggung Kaki, Ini Jawabannya

Cara membuat bunga dari kain flanel mudah untuk Anda sebagai hadiah orang istimewa dalam hidup Anda.