Cara Menghitung Rata-rata Di Excel Dengan Fungsi

Cara Menghitung Rata-rata Di Excel Dengan Fungsi

colectivolalatina.org – Jika Anda adalah seseorang yang memiliki tugas atau memerlukan sebuah program matematika komputer, Anda bisa memanfaatkan program Microsoft Excel pada perangkat komputer tersebut. Salah satunya untuk menghitung rata-rata di Excel. Aplikasi lembar kerja ini pun bisa memudahkan tugas dalam mencari nilai tengah atau menghitung mean untuk tugas Anda.

Tak hanya itu, ia juga menyediakan perhitungan median (nilai tengah) serta modus (nilai paling sering muncul), bahkan aplikasi bawaan komputer ini juga menyajikan fitur weighted average (rata rata dengan nilai dan jumlah berbeda). Untuk memakai apa yang ada dari aplikasi buatan Microsoft ini pun perlu cara tertentu dan pastinya harus mudah dipelajari, oleh karenanya berikut cara melakukan fitur perhitungan ini di Excel

Menghitung Mean atau Nilai Rata-rata Pada Data

Menghitung dengan program satu ini bisa memakai fungsi average. Cara pertama adalah dengan menuliskan fungsi average pada lembar kosong di mana nantinya akan berisi hasil perhitungan dari data. Langkahnya yaitu masuk lembar data telah dibuat, pilihlah daftar angka yang hendak Anda cari mean-nya.

Lalu tuliskan nama kolom awal dan kolom akhir yang hendak dihitung mean tersebut, selanjutnya tulislah =AVERAGE(kolom awal : kolom akhir) sebagai contoh pada A13 tulislah =AVERAGE (A1:11), setelah itu tekan tombol enter dan otomatis nanti muncul hasil dari rata rata nilai sudah Anda pilih melalui kolom tersebut.

Cara lain dapat berguna untuk menghitung mean adalah dengan fitur fungsi pada kertas kerja halamannya. Cara menggunakannya adalah arahkan kursor ke bagian kosong, lalu klik menu fx di bagian fungsi, tombol fx ini terletak di bagian atas halaman AVERAGE. Akan muncul berbagai fungsi matematika dalam program tersebut, lalu pilihlah fungsi AVERAGE kemudian tekan OK. 

Setelah itu tulislah data akan dicari rata-ratanya, sebagai contoh data A1 sampai A11 tulislah A1:11 dalam tempat kosong number 1 letaknya dalam isian function arguments, jika sudah silakan tekan OK, dan otomatis akan terhitung nilai mean data untuk kolom tersebut.

Cara berikutnya, tulis tanda sama untuk kolom yang terletak di sebelah tombol fx dan pilih fungsi AVERAGE pada daftar rumus. Lalu tulis baris hendak Anda hitung mean-nya, sebagai contoh untuk baris A1:11 di kolom number 1 dalam function arguments, dan tekan Ok. Setelah itu otomatis perhitungan mean dari baris dipilih akan terhitung.

Jika ingin menggunakan mean untuk beberapa perhitungan berbeda dengan nilai sangat jauh antara satu sama lain, yang mana berada pada baris sama, hal itu sangatlah tidak disarankan sama sekali karena memang tidak cocok. 

Baca Juga : Ini Dia Cara Mendapatkan Iphone Gratis yang Terpercaya

Menghitung rata-rata pada lembar kerja aplikasi buatan Microsoft ini memang memilki hasil yang sama jika Anda menghitungnya secara manual, akan tetapi rumus Excel akan membuat pekerjaan lebih mudah dengan hasil lebih akurat dan pengerjaan data lebih cepat.