Cara Ubah Password Gmail Dengan Mudah

Cara Ubah Password Gmail Dengan Mudah

colectivolalatina.org – Kebanyakan orang menggunakan password yang sederhana bahkan cenderung mudah untuk ditebak ketika saat mendaftar gmail pertama kali. Dengan maksud agar akun yang tadi dibuat untuk mudah diingat. Tapi sebenarnya hal tersebut justru akan memberikan peluang akun kamu mudah diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Seluruh pengguna internet didunia percaya bahwa mengubah password secara berkala akan melindungi kita dari serangan peretasan dan pencurian data. Beredarnya berita tentang peretasan data E-mail Departemen Keuangan AS yang terjadi  baru-baru ini membuat kita harus memperhatikan penuh betapa pentingnya data kita di internet. Untuk itu, sangat disarankan kamu untuk mengerti cara mengganti password supaya email kamu aman.

Cara Mengganti Password Gmail Dengan Mudah

Cara mengganti password di Gmail tidaklah sesulit yang kamu bayangkan. Kamu hanya memerlukan akses masuk ke akun emailmu dan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke halaman akun gmail

Langkah pertama kamu harus masuk ke halaman akun gmail.

  1. Akses Keamanan gmail

Setelah berhasil masuk ke halaman akun, selanjutnya klik “Kemanan” lalu klik “Sandi” di bagian Login ke Google.

  1. Verifikasi Password Lama

Selanjutnya tulis kembali password lama kamu untuk mengkonfirmasi Google bahwa itu memang anda yang akan mengganti password email ke yang baru. Jika sudah, silahkan klik “Berikutnya”.

  1. Masukan Password Baru

Nah saat membuat password baru, usahkan untuk memperhatikan kekuatan password sudah mencapai warna hijau agar tidak mudah ditebak oleh orang lain. Rekomendasi untuk password yang aman biasanya berupa gabungan dari huruf kapital, beberapa huruf non kapital, dan angka atau simbol.  Selanjutnya klik “Ubah Password”.

Tips Memilih Password Gmail Baru

Bagaimana, mudah bukan? Bahkan terlalu mudahnya, tutorial tersebut mungkin bisa kamu lakukan dan ikuti kurang dari 5 menit saja jika tanpa hambatan.

Langkah-langkah yang mudah ini harusnya bisa menjadi pengubah pola fikir kamu untuk lebih memperhatikan keamanan data privasi di internet. Untuk itu, ada beberapa tips untuk memilih password baru supaya sulit diretas dan ditebak. 

  • Jangan samakan antara email dan password.
  • Buat password dari gabungan huruf kapital, beberapa huruf non kapital, dan angka atau simbol.
  • Hindari penggunaan informasi pribadi sebagai password.
  • Jangan gunakan password yang sama dengan akun kamu yang lain.

Tips tersebut terbukti efektif jika kamu melakukan pembaruan password paling tidak 3 bulan sekali atau 5 bulan sekali. Jika kamu selesai melakukan pembaruan password, sangat disarankan untuk melakukan backup password di buku catatan atau software yang bisa digunakan untuk manajemen password.

Baca Juga : 8 Cara Membuka Web Yang Diblokir Server Dengan Langkah Mudah

Pembaruan password sebaiknya tidak hanya kamu lakukan untuk akun Gmail saja, alangkah baiknya akun sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram juga turut kamu ganti. Jika kamu memiliki pertanyaan atau masukan yang berhubungan dengan artikel ini, silahkan berkomentar pada kolom yang tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *