Perusahaan Telah Selesai Memproses Lamaran

Perusahaan Telah Selesai Memproses Lamaran

colectivolalatina.org – Saat sedang melamar pekerjaan umumnya akan ada jeda hingga pengumuman penerimaan. Ketika sedang menunggunya, usahakan tetap melakukan komunikasi agar perusahaan dapat menilai Anda berbeda dengan kandidat lain. 

Komunikasi bisa berupa surel yang dikirimkan kepada bagian SDM. Nah, berikut ini cara menulis surel tindak lanjut dari lamaran pekerjaan. 

Tips Menulis Surel untuk Follow Up Lamaran Pekerjaan

  1. Tunggu sekitar 3-5 hari untuk mengirimkan email

Ada berbagai pendapat tentang waktu tunggu ini. Ada beberapa orang mengatakan menunggu seminggu atau lebih, sebagian orang bilang 5 hari sudah cukup. Karena semakin besar perusahaan akan memungkinkan semakin banyak pendaftar.  waktumain

  1. Kirimkan kepada pihak penanggung jawab

Kirimkan surel kepada orang yang dikirimkan lamaran pekerjaan sebelumnya. Usahakan untuk menemukan nama orang penanggung jawab perekrutan. Apabila tidak bisa menemukannya, Anda bisa menggunakan sapaan umum, misalnya Kepada Yth. Manajer HRD. 

Anda dapat menemukannya melalui situs perusahaan atau LinkedIn perusahaan. Jangan lupa untuk menggunakan ejaan tepat agar tidak terkesan negatif. Apabila tidak menemukannya melalui laman perusahaan, tahanlah diri untuk tidak menanyakan langsung pada perusahaan melalui telepon. 

  1. Ucapkan salam dan tulislah subjek dengan benar

Bentuk salam yang tepat dan formal dalam menuliskan email adalah Kepada Yth. sebelum nama manajer atau tulisan manajer HRD. Pada bagian subjek surel, Anda dapat menuliskan “Menindaklanjuti lamaran untuk…. (posisi yang dilamar)”. 

Mencantumkan posisi tersebut bertujuan untuk menghindari adanya beberapa posisi rekrutmen. Cara ini dapat memudahkan rekrutmen dalam membaca surel. 

  1. Tulis posisi kerja dan kapan dikirim

Tulis email dengan kalimat yang jelas dan singkat. Tulislah waktu pengiriman file persyaratan kerja, lalu diikuti posisi yang dilamar. Selanjutnya bisa menuliskan bahwa Anda ingin memastikan bahwa email file lamaran sudah diterima. 

  1. Tunjukan antusiasme

Berikan kalimat antusiasme serta kualifikasi diri. Tambahkan penjelasan mengenai pengalaman sesuai dengan pekerjaan yang dilamar.

  1. Tutup dengan kalimat positif

Katakan bahwa Anda berharap adanya respon secepatnya dari pihak rekrutmen. Berikan penawaran untuk mengirimkan kembali file lamaran apabila pihak perusahaan belum menerima atau terdapat file yang tidak diterima dengan baik. Ucapkan terima kasih dan berikan salam seperti Hormat saya diikuti nama lengkap. 

  1. Periksa kembali ejaan dari draft

Anda dapat membuat draft terlebih dahulu agar bisa leluasa saat melakukan pengecekan. Hindari adanya typo atau salah dalam penulisan. Sebab hal tersebut dapat mempengaruhi penilaian dari rekrutmen. 

  1. Kirim

Kirimkan pada alamat email perusahaan, Anda dapat memeriksanya pada situs tempat melamar. Selain itu, jangan kirim lebih dari satu email. Hindari melakukan kesalahan ketika mengklik tombol sen dengan menjauh dari laptop sesaat setelah mengirimnya. 

Baca Juga : Cara Mengganti Nama di Google Classroom Secara Praktis

Demikian penjelasan mengenai cara menulis surel tindak lanjut dari lamaran pekerjaan. Sebagai tambahan, gunakan email dengan nama pribadi dan bisa menampilkan kesan baik. Semoga artikel ini bisa membantu.